Selasa, 12 November 2013

Caphal Hematoma

Cephalohematoma adalah kumpulan darah di bawah periosteum, jaringan sangat kuat yang menutupi dan menyelubungi tulang (tengkorak). Kondisi ini hampir selalu merupakan komplikasi persalinan, terutama ketika kepala janin dipaksa keluar melalui jalan lahir, kepala didorong maju sementara serviks mencengkeram kulit kepala gigih. Jika hal ini terjadi, pembuluh-pembuluh darah kecil yang memberi makan periosteum dari sisi tulang akan robek. Perobekan ini menyebabkan perdarahan (hemorrhage) di bawah periosteum, dan darah akan mengumpul di sana.
Hasilnya adalah benjolan licin dengan batas yang tegas dan terasa sama seperti jika ada balon kecil berisi air di bawah kulit kepala. Cephalohematoma berbeda dengancaput succedaneum karena caput adalah pembengkakan yang lebih umum dan sangat sementara di kulit kepala yang menghilang dalam satu atau dua hari. Cephalohematoma menjadi lebih jelas terlihat dan teraba selama beberapa hari pertama kehidupan.
Cephalohematoma lebih umum pada ekstraksi forcep atau vakum, dan dalam kasus forcep, bisa menunjukkan adanya patah tulang tengkorak. Patah tulang tengkorak terutama dicurigai jika cephalohematoma melintasi garis perbatasan di tengkorak.

1 komentar:

  1. Slot machines free online in Malaysia - Lucky Club
    【 play slot machines free online in Malaysia luckyclub 】✓No download No registration ✓ No download ✓ No registrale ✓ Free spins ✓ ✓ Mobile. Rating: 5 · ‎1 vote · ‎Free · ‎Game

    BalasHapus